Tutorial

TUTORIAL : How to Make Simple Cover Fanfiction Sad-Romance

 

Halooooooo~

Kali ini saya ngepost sesuatu ‘yang lebih bermanfaat’ daripada post”an yang gaje sebelumnya. Yaitu cara membuat cover fanfiction yang simple. Sudah banyak tutorial seperti ini, tapi dalam rangka mengisi blog yg kosong ya sudah saya putuskan untuk berbagi ilmu kepada kalian semua :v

Sekian pembukanya. Yuk mulai :v

Pertama kalian harusnya punya bahan-bahannya. Bisa download di sini

STEPS

1. Buka photoshop milik kalian, terserah cs berapa, punyaku yg cs4

2. Buka lembar kerja baru dengan ukuran 600 x 800 pixels

1

3.  Buka foto ulzzangnya, crop menggunakan Lasso Tool di sekitar tubuh ulzzang, dengan feathernya 50 px. Pindahkan ke lembar kerja.

2

4. Crop juga foto Jinnya, lalu pindahkan ke lembar kerja sama seperti ulzzang. Hasilnya seperti ini.

3

5. Selanjutnya adlh bagian menghapus. Pada sesi ini ketelitian sama kesabaran dibutuhkan supaya hasil hapusan(?)nya bagus dan menempel(?) dengan background. Gunakan penghapus dengan Opacity dan Flownya 34%. Pilih jenis penghapus yang disekitar area penghapus terkesan blur. Lihat gambar ya

4

6. Hapus bagian pinggir-pinggirnya, sehingga garis potongan pada ulzzangnya tersamarkan. Lakukan hal yang sama pada Jinnya. Inget ya! Menghapusnya harus hati-hati, pake hati, dan SABAR!

5

7. Hasilnya akan seperti ini. Oya atur juga posisinya seprti ini ^^

6

8. Selanjutnya buat later baru dengan cara menekan Ctrl + Shift + N. Warnai layer dengan warna abu muda. Code warna yaitu e7e7e7. Lihat gambar. Letakkan layer ini dibawah layer Jin dan Ulzzang.

7

8

9. Sesi berikutnya adalah memberi efek(?) background. Karena aku buatnya simple, jadi otomatis backgroundnya juga simple. Karena judul covernya STAIRWAY TO HEAVEN, jadi aku pilih background tangga menunju ke surga sesuai dengan judulnya. Supaya lebih matching gitu. Pindah background ini ke lembar kerja dengan cara klik kanan pada layer → Duplicat Layer →  Ubah Destinastionnya menuju lembar kerja kalian → Ok

9

10. Letakkan dibawah layer Jin dan ulzzangnya. Oya jangan lupa diperkecil ya, soalnya pas di duplikat ukurannya besar banget 😀

10

11. Gunakan penghapus dengan Opacity dan Flow yang sama seperti tadi dan hapus bagian pinggir backgroundnya. Inget, hapusnya yang sabar dan pake hati. Hasilnya seperti ini.

11

12.  Masukkan background 2 ke dalam lembar kerja

12

13. Atur opacity dan fill background menjadi 15%

13

14. Gunakan penghapus untuk menghapus sisi background agar terlihat lebih rapi.

14

15. Bagian judul :

  • Stairway : CAPSLOCK | size 52 | hitam | font style DaunPenh
  • To : huruf kecil | size 52 | hitam | DaunPenh
  • Heaven : Awa huruf kapital  | size 72 | biru dongker (180ae2) | Montez

Ketiga judul diberi efek shadow. Klik kanan pada layer text → Blending Options → Drop Shadow. Pilih warna abu tua. Untuk susunan text bisa diatur sesuai selera ^^

16. Memberi garis pinggir(?) pada cover. Atu terlebih dahul Rectangle Toolnya seperti pada gambar. Ingat warna yang sedang dipakai adalah hitam. Oya atur juga Brushnya menjadi Square dengan ukuran 24 px.

15

17. Buat layer baru. Gunakan Rectangle Tool yang sudah duatur tadi untuk membuat garis pinggir mengelilingi lembar kerja. Membuat kotak dengan toolnya ini harus pas dengan lembar kerja. Kurang atau lebih dikit boleh, hasil tidak memuaskan ditanggung sendiri :v

16

18. Klik kanan → Stroke Path → Ok. Atur fillnya menjadi 30%. Berikan Shadow dengan cara yang sama memberi Shadow pada judul.

17

18

19.  Memberi credit film. Pada stock, aku ada 2 cover drama korea. Kalian bisa pilih salah satu diantaranya yang nanti credit covernya itu kita crop. Aku pilih credit cover drama The Heirs. Crop bagian credit covernya, bawa ke lembar kerja.

19

20. Atur credit cover tersebut menjadi Multiply. Hasilnya seperti pada gambar.

Untitled

21. Buat layer baru. Klik lingkaran berwarna hitam abu yang berada di pojok kanan bawah → Solid Color

20

22. Pilih baru biru muda dengan kode warnanya d2f0ff. Ok

23. Tinggal kita tambahkan psd color. Pertama beri psd color 1 lalu tambahkan psd color 2. Hasinya seperti ini.

21

24. Karena menurut saya ini kurang terang jadi saya menambahkan lampu(?) agar lebih terang. Klik lingkaran berwarna hitam abu lagi → Brightness/Contrast . Atur Brightnessnya menjadi 15, dan Contrastnya menjadi -17.

22

25. Atur kedudukan layer, sehingga layer solid color yang biru berada paling atas, dibawahnya Brightness/Contrast, lalu PSD color.

Dan hasilnya … Tada sudah jadi ^^

STH

.

.

.

.

Maaf kalo tutorial ini tidak memuaskan kalian yang mencoba untuk membuatnya. Maklum, aku bukan Artworker  Profesional di blog sejenis Café Poster, HSG, Poster Channel, dll.

Jika ada pertanyaan atau hal yg kurang jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar. Dan semoga tutorial ini bermanfaat untuk kalian.

Terima Kasih ^_^

.

.

.

_PJN_

Advertisements